TANAMAN AGLAONEMA Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema – Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias berupa daun yang banyak digemari karena keindahan dan keunikannya.



Bila anda mengharapkan tanaman aglaonema menjadi tampak indah dan tumbuh secara subur maka harus pintar merawat tanaman tersebut. Cara merawat tanaman aglaonema terbilang mudah namun juga bukan berarti bisa seenaknya merawat.

Anda harus benar-benar mengerti beberapa hal mengenai cara merawat tanaman aglaonema ini. Berikut akan disajikan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam teknik merawat aglaonema.Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema


Pemeriksaan media tanam dan pemangkasan
Cara merawat tanaman aglaonema yang harus diperhatikan adalah terkait media tanamnya. Ketika media tanaman aglaonema mulai padat dan keras, maka hal tersebut menunjukkan bahwa media harus diganti.

Sebab media yang seperti ini hanya akan membuat pertumbuhan akar aglaonema terhimpit dan susah berkembang. Selain itu Anda harus perhatikan pertumbuhan akar aglaonema, jika banyak percabangan dan terlihat semrawut maka harus dipangkas.

Sebab hal ini hanya akan menghambat pertumbuhan tanaman aglaonema Anda. Potongan akar aglaonema tersebut dapat Anda tanam pada media baru yang lebih besar atau lebih besar potnya. Sehingga akan membuat pertumbuhan akar akan cepat dan lebih leluasa berkembang.

Untuk pemangkasan dapat dilakukan pada bunga tanaman aglaonema ini, sebab bunga hanya akan membat daun aglaonema menjadi kerdil. Selain itu, juga segera pangkas daun yang telah kering atau membusuk.


Perhatikan masalah hama dan penyakit

Hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat tanaman aglaonema adalah dengan mengetahui hama dan penyakit apa yang sering menjangkiti. Penyakit yang sering menyerang adalah layu fusarium. Hal ini dapat Anda atasi dengan menyemprotkan fungisida setiap seminggu sekali.

Anda juga harus perhatikan saat menyiram tanaman ini, jangan sampai airnya menggenang dan berlebihan.  Untuk hama yang sering menyerang adalah ulat. Bila ada ulat terdapat pada daun maka segera buang dan matikan.

TANAMAN AGLAONEMA Upaya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan insektisida sekali dalam sebulan. Sedangkan cara merawat tanaman aglaonema agar terhindar dari hama kutu kebul, Anda dapat siram dengan air sabun cucian piring, namun jangan terlampau pekat.

Perawatan di musim kemarau

Cara merawat tanaman aglaonema ketika musim kemarau harus lebih intensif agar daun-daun aglaonema tidak rusak dan cepat mati. Ketika musim kemarau, cuaca panas pada siang hari akan mengakibatkan penguapan secara cepat pada permukaan daun.

Untuk mengatasi hal tersebut maka harus dijaga kelembabannya dengan cara menyemprotkan air ke udara di sekitar tanaman atau Anda dapat memasang alat pengabut. Alternatif lain yang dapat Anda lakukan  adalah dengan membuat air mancur di dekat aglaonema.

Selain itu, cara merawat tanaman aglaonema juga harus memperhatikan kelembaban media tanamnya. Maka saat menyiram Anda harus melakukannya dengan air secukupnya dengan frekuensi lebih sering.


Hindari pemakaian cairan pengkilap daun termasuk susu murni. Sebab cairan pengkilap tersebut berbahan kimia, selain itu cairan tersebut ketika suhu panas di musim kemarau akan membuat permukaan daun lebih panas.

Maka Anda harus benar-benar memperhatikan cara merawat tanaman aglaonema agar tetap dalam kondisi bagus. Semoga berbagai cara perawatan aglaonema di atas dapat Anda terapkan pada tanaman aglaonema Anda di rumah dan menampakkan hasil maksimal.
Axact

TANAMAN AGLAONEMA

Tanaman Sri Rejeki – atau biasa disebut juga dengan tanaman aglaonema merupakan jenis tanaman yang dijadikan penghias taman di sekitar rumah. Tanaman yang mempunyai keindahan pada daunnya banyak dijadikan tanaman hias karena mempunyai warna yang beragam

Post A Comment:

1 comments:

  1. makasi ilmunya
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus