TANAMAN AGLAONEMA Cara mengatasi aglaonema mengerdil, keriput dan membusuk. Hama dan penyakit pada aglaonema atau bunga donna carmen bermacam - macam dan gejalanya berbeda-beda pula.
Hama itu hewan pengganggu tanaman yang secara fisik masih dapat dilihat secara langsung oleh mata atau kasat mata tanpa bantuan alat apalagi terawang dari paranormal ... Hehehe.

Cara mengatasi aglaonema mengerdil, keriput dan membusuk 


Seperti pada tulisan saya ini yang akan menulis tentang pucuk atau daun yang mengerdil, Pucuk mengecil atau daun muda aglaonema kerap mengecil sehingga keindahannya berkurang dan kurang menarik tentunya. Nah, Penyebabnya biasanya akan terbentuk bunga. Bila tidak ingin dijadikan buah, buang saja bunga itu karena menyerap banyak energi.

Tetapi kalau ada gejala - gejala ganguan yang lain, atau yang sering terjadi pada aglaonema, seperti :

Daun keriput

Bila daun Aglaonema, terutama donna Carmen keriput, itu tanda serangan virus. Ia sejenis dengan virus pada tomat, tetapi tidak mematikan. Serangannya hanya membuat daun keriting sehingga penampilan rusak. Penyakit itu menyebar ke tanaman lain lewat pisau setek yang tidak steril. Supaya tidak menyebar, musnahkan tanaman yang terserang daun keriput atau bisa juga dengan memotong / membuang daun yang keriput.

Tipsnya : Sterilkan pisau atau alat potong sebelum memisahkan anakan atau pemotongan daun.


FOTO : Aglaonema mengerdil dan membusuk. ini terjadi lantaran tanaman terlalu banyak disiram atau menerima guyuran air hujan, sementara media tanam padat sehingga air tertahan di pot dan “nguyumbang “ tergenang. Akibatnya daun memucat dan kusam. Foto jepretan admin.

Daun terbakar
Daun terbakar ditandai warna kekuningan dipermukaan. Bila dibiarkan daun jadi cokelat kuning dan akhirnya bolong. Idealnya anggota kerabat Araceae itu  hanya menerima sinar matahari 40%.

Tipsnya: Pasang naungan 60% di areal terbuka, atau usahakan bunga aglaonema / donna carmen hanya mendapatkan 40% sinar matahari. Karena kelebihan sinar akan mengakibatkan daun kering atau warna daun menjadi kusam

Batang busuk

Kondisi ini terjadi lantaran tanaman terlalu banyak disiram atau menerima guyuran air hujan, sementara media tanam padat sehingga air tertahan di pot dan “nguyumbang “ tergenang. Akibatnya daun memucat dan kusam.

Tipsnya : ganti media tanam dengan yang lebih porous. Kurangi frekuensi penyiraman pada musim hujan.
Axact

TANAMAN AGLAONEMA

Tanaman Sri Rejeki – atau biasa disebut juga dengan tanaman aglaonema merupakan jenis tanaman yang dijadikan penghias taman di sekitar rumah. Tanaman yang mempunyai keindahan pada daunnya banyak dijadikan tanaman hias karena mempunyai warna yang beragam

Post A Comment:

0 comments: